Minggu, 19 Februari 2012

Beberapa Faktor Iklim 2




      Suhu (Tanah dan Udara)
Suhu merupakan derajat panas atau dingin suatu benda. Dapat pula diartikan sebagai energi kinetis rata-rata suatu benda. Pembagian suhu ada dua, yaitu suhu udara dan suhu tanah. Masing-masing suhu ini berpengaruh terhadap besarnya vegetasi tanaman. Suhu udara pada praktikum ini diukur dengan menggunakan termometer bola basah, termometer bola kering, termometer maksimum dan termometer minimum. Termometer bola basah dan bola kering dapat digunakan untuk menentukan kelembaban relatif secara tidak langsung karena nilai kelembaban udara diperoleh dari selisih suhu yang ditunjukkan oleh termometer bola basah dan bola kering.  Untuk pengukuran suhu tanah digunakan alat yang dinamakan termometer tanah bengkok. Di bagian bawah termometer tanah bengkok terdapat parafin yang berfungsi sebagai peredam suhu udara.
Suhu rata-rata harian terendah terjadi di pagi hari dan tertinggi (maksimum) setelah siang hari atau setelah insolasi maksimum. Naik turunnya suhu udara dalam waktu satu hari disebut siklus harian. Siklus tersebut  akibat dari perbandingan antara matahari dengan radiasi bumi yang diradiasikan ke atmosfer setiap saat dalam waktu satu hari.
Suhu tanah sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan oleh aktifitas perakaran. Pengukuran pada praktikum kali ini dilakukan pada kedalaman 0 cm, 2 cm, 5 cm, 50 cm dan 100 cm. Pengaruh suhu tanah pada tanaman yaitu pada perkecambahan biji, pada aktivitas mikroorganisme dan perkembangan penyakit tanaman. Faktor pengaruh suhu tanah yaitu faktor eksternal (radiasi matahari, keawanan, curah hujan, angin dan kelembaban udara) dan internal (tekstur tanah, struktur dan kadar air tanah, kandungan bahan organik dan warna tanah).
Semakin dalam termometer tanah, semakin tinggi suhu tanah. Hal ini disebabkan oleh persebaran air di dalam tanah dan kelembaban tanah.
Faktor-faktor yang mempengaruhi suhu di permukaan bumi ialah:
    1. Jumlah radiasi yang diterima
    2. Pengaruh daratan atau lautan
    3. Pengaruh ketinggian tempat
    4. Pengaruh angin secara tidak langsung, misalnya angin yang membawa panas dari sumbernya secara horizontal
    5. Penutup tanah : tanah yang ditutup vegetasi mempunyai temperatur yang kurang daripada tanah tanpa vegetasi
    6. Tipe tanah : tanah-tanah gelap indeks suhunya lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar